Kata Kata Mutiara Islami Terlengkap, Sebagai Renungan Generasi Muda Islam Masa Kini

128 views

Kata Kata Mutiara Islami – Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragam Islam. Dimana Islam sendiri merupakan agama yang cukup berkembang pesat di seluruh Dunia. Bagi umat Islam, menjalankan setiap perintah dan menjauhi larangan Allah adalah suatu hal yang sangat wajib.  Karena di mata Allah SWT semua manusia itu sama, baik pemimpin negara, pengusaha, orang miskin ataupun orang kaya sangat wajib untuk menjalankan setiap perintah. Karena manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah baik secara ritual maupun secara perbuatan.

Agama Islam memiliki kitab suci yang bernama Al-Quran, dimana didalamnya terdapat segala macam aturan yang mengatur gaya hidup orang Islam. Kata-kata yang terdapat dalam Al-Quran mengandung makna yang sangat dalam, dan tak jarang juga mengandung banyak kata kata mutiara yang bisa kita jadikan renungan, inspirasi, dan motivasi dalam menjalani hidup. Tak jarang juga terdapat kata-kata muhasabah yang membantu kita ketika ingin mengevaluasi diri.

Dibawah ada beberapa kata kata mutiara Islami yang mungkin dapat menjadi bahan renungan bagi setiap kaum muslim untuk lebih taat lagi dalam menjalani perintah dan menjauhi laranganNya. Maka dari itu kami telah menyiapkan kumpulan kata kata mutiara Islami lengkap dengan arti dan maknanya yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Kumpulan Kata Kata Mutiara Islami Terlengkap

Kata Kata Mutiara Islami

Kumpulan Kata Kata Mutiara Islami Terlengkap

“Janganlah bersedih. Dengan bersabar, sesungguhnya pertolongan pasti akan datang”

Buat kita yang selalu bersedih dalam keadaan apapun, janganlah terlalu berlarut-larut dalam kesedihan itu, ingat! Allah gak tidur cuy…, pertolongan dari Nya pasti akan datang. Pertolongan dari Allah juga tidak dapat kita tebak. Dan satu lagi nih, jangan pernah lelah untuk bersabar walaupun hal tersebut sangatlah sulit. Namun dibalik kesabaran tentunya akan sesuatu yang indah pada waktunya. Percayalah!

“Aku percaya, takdir Allah SWT pasti yang terbaik! Baik untukku dan juga untukmu”

Allah itu mengetahui segalanya yang ada di muka bumi ini. Setiap kejadian juga sudah atas kehendakNya. Maka sebagai manusia, kita harus selalu berprasangka baik, walaupun keputusan tersebut cukup menyakitkan, semua itu pasti merupakan takdir yang baik untukmu dan juga untuknya. (buat kalian yang putus cinta, ambil hikmahnya saja cuy…mungkin ini yang terbaik, tenang aja semua sudah ada garisnya…keep smile J)

“Sangatlah merugi jika seorang laki-laki melepaskan wanita yang cantik akhlaknya hanya demi wanita yang cantik wajahnya”

Baut kamu yang berpikir untuk meninggalkan seorang wanita yang berakhlak mulia hanya untuk seorang wanita yang cantik rupa, mending tahan dulu deh cuy…belum tentu yang cantik rupa memiliki hati yang bersih. Menurut ana sih mending pertahanin yang cantik akhlaknya…Serius!

“Kamu tidak berhak meneteskan air mata hanya untuk menangisi seseorang yang belum halal bagimu”

Kalau mau nangis ya boleh boleh aja cuy, tapi nangisnya kalau keinget dosa, nangis kalau belum bisa bahagiain orang tua, lha kalo nangisin mantaan, pacar…percuma! buat apaaa coba…lagian masih pacaran, belum halal! Mending kalo udah gak cocok yaudah pisah aja, toh nanti juga diganti ama yang baik, positif thinking aja cuy…ngomong dalam hati sambil tahan nafas, “mungkin dia bukan jodoh gue..”

“Jangan sampai putus asa ketika setiap do’amu belum terjawab, bersabarlah! Allah pasti akan memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang kamu inginkan”

Nah yang satu ini perlu kamu renungin nih cuy..minta apa-apa sama yang diatas juga gak selalu langsung datang, jangan dipikir ni dunia sihir cuy..minta yang ikhlas sama Allah, kalo belum dikasih yang jangan putus asa, terus berdo’a, sabar dan ikhtiar. Percaya aja, Allah pasti ngabulin permintaan kamu, Cuma ya gak tau kapan…tapi yang jelas setiap manusia yang berdoa meminta kepada Allah untuk hal yang positif pasti permintaan itu akan dikabulin.

“Jangan pernah menyalahkan orang lain ketika kamu kecewa, namun salahkanlah diri sendiri karena terlalu berharap akan sesutu yang belum pasti”

Buat kalian jangan pernah menyalahkan orang lain, belum tentu dia yang salah, bisa juga kalian yang salah. “jangan terlalu berharap dengan sesuatu yang belum pasti” kalau mau berharap itu sama Allah yang udah pasti dikabulin…jangan berharap sama manusia, ane juga kadang suka nyesel kalo berharap sama manusia….buang jauh-jauh yang seperti itu deh….

“Jalani, nikmati dan jangan lupa untuk bersyukur, itulah kunci bahagia”

Uang bukan hal yang selalunya bisa bikin kita bahagia, hal yang paling sederhana yang bisa buat kita bahagia itu simpel cuy…jalani apa yang udah ada di depan kita, nikmati, ngalir aja udah…santai kaya di pantai dan yang paling penting adalah bersyukur. Mau model apa aja kalo selalu bersyukur pasti enak banget dah idup luu….

“Awali hari dengan Bismillah, Tawakal dan Optimis, Insha allah harimu akan selalu berkah”

Siapa sih yang gak pengin hidupnya dapet berkah. Makanya jangan lupa untuk selalu mengucap Bismillah ketika hendak melakukan apa saja, lalu tawakal dan juga optimis, jangan sampai pesimis, sugesti juga sih..kalo kita nglakuin sesuatu hal tapi setengah-setengah, ya hasilnya juga bakal gak maksimal, lain kalo kita nglakuin hal yang total dan optimis, pasti hasilnya bakal maksimal.

“Aku berhijab bukan karena pandai akan ilmu agama, namun aku berhijab karena mengikuti perintah Allah SWT”

Berhijab itu menutup aurat bagi kaum perempuan. Biasanya banyak yang bilang “hijab buat kedoklah, hijab tapi hatinya kotorlah, hijab inilah, hijab itulah apalah itu, hijab itu memang sudah kewajiban bagi setiap muslimah, memang itu salah satu perintah yang wajib ditaati oleh kamu muslimah, walaupun hati mereka masih belum bersih. Intinya berhijab itu wajib bagi kaum muslimah.

“Jika ingin mendapatkan sesuatu, mulailah dari memberi”

Bisa kita contohkan dengan seseorang yang menanam padi dan kemudian merawatnya, setelah masa panen si petani tersebut tentunya dapat padi bukan? Itu contoh singkatnya, jadi jika kita ingin mendapatkan sesuatu, maka kita juga harus belajar untuk memberikan sesuatu kepada mereka yang lebih membutuhkan, niscaya Allah akan memberikan imbalan yang setimpal. “nek nandur ya mesti ngunduh (kalau menanam yang pasti memanen” kata orang jawa

“Jadikanlah setiap waktumu adalah ibadah”

Jadikanlah setiap waktumu itu ibadah. Mengucap Bismillah ketika hendak melakukan sesuatu itu termasuk dalam ibadah, maka dari itu jangan lupa untuk selalu berbuat baik di setiap waktu. Tentunya berbuat hal positif seperti menolong teman, menebarkan senyum ketika bertemu seseorang itu juga termasuk hal ibadah, dan masih banyak lagi ibadah-ibadah lain yang dapat kamu lakukan.

“Cinta bukanlah tentang dimana perasaan itu hadir, namun cinta adalah bagaimana menjaga perasaan itu agar tetap utuh”

Mendapatkan itu mungkin bisa dikatakan mudah, namun untuk menjaga itu memang sangat sulit. Seperti kita menjaga iman atau cinta kita kepada Allah SWT. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu ingat sama yang diatas agar terhindar dari perbuatan yang tercela yang dapat merusak iman.

“Allah selalu memberikan senyum dibalik setiap kesedihan. Allah selalu memberikan harapan dibalik setiap keputusan”

Berharaplah kepada Allah niscaya Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan. Dan jika bersedih janganlah bersedih berlarut-larut karena Allah sendiri juga telah menyiapkan senyum dibalik kesedihan tersebut. Setiap keputusan yang kalian ambil juga akan diimbangi dengan harapan yang akan Allah berikan. Semua itu ada hikmahnya, jadi jangan pernah berprasangka buruk kepada Allah karena itu merupakan dosa yang besar.

1. Kata kata Mutiara Lebaran

Kata kata Mutiara Lebaran

Kata kata Mutiara Lebaran

Kemeriahan lebaran di mulai dari kumandang takbir di malam hari terakhir puasa, kemudian melakukan Sholat Ied bersama di pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan tradisi saling bermaaf-maafan antar sesama manusia. Tradisi maaf-maafan di hari Lebaran di Indonesia selalu di ikuti dengan ucapan indah “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Dimana ucapan tersebut secara turun temurun dicontohkan oleh orang tua serta kakek dan nenek kita. Tak hanya itu, ucapan Minal Aidin Wal Faizin judah sering terdengar saat lebaran tiba. Tak lupa juga ucapan tersebut dibumbui dengan kata kata mutiara agar terdengar lebih indah. Berikut kumpulan kata kata mutiara lebaran yang membuat hari lebaran jadi lebih indah dan bermakna :

“Dalam rendah hati ada tinggi budi. Dalam miskin harta ada jiwa yang kaya. Hidup akan terasa indah jika ada kata maaf. Taqabalallahu Minna Waminkum”

Orang yang memiliki rendah hati biasanya memiliki budi pekerti yang tinggi dan memiliki hati yang besar untuk berani meminta maaf. Walaupun dalam segi status sosial, baik kaya ataupun miskin. Dengan memaafkan hidup tentunya akan lebih indah.

“Khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah suatu kewajiban. Kembalinya Fitrah adalah tujuan utama. Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Manusia adalah mahluk yang sarat akan khilaf dan sering kali melakukan dosa-dosa kepada sesama. Namun bagi mereka yang memiliki jiwa besar untuk meminta maaf, kita patut untuk memaafkannya. Karena kembali ke fitrah adalah salah satu tujuan utama dari setiap muslim.

“Orang yang memiliki jiwa mulia adalah mereka yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan hati dan sucikan diri di hari yang fitri”

Memaafkan adalah suatu hal yang paling mulia dan sangat disenangi oleh Allah SWT. Maka dari itu kita sebagai manusia harus memiliki jiwa yang besar untuk memaafkan setiap kesalahan orang lain dengan jiwa ikhlas.

“Jika tangan tak sempat untuk berjabat, setidaknya masih ada kata maaf yang dapat terungkap. Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Momen lebaran atau idul fitri memang selalu identik dengan kebahagiaan, namun ada sedikit dari mereka yang mungkin tak bisa bertatap muka dan berjabat tangan untuk saling bermaaf-maafan. Namun kata maaf masih dapat ditulis untuk mengungkapkan permintaan maaf kepada orang-orang yang kita cintai.

2. Kata kata Mutiara Menyambut Ramadhan

Kata kata Mutiara Menyambut Ramadhan

Kata kata Mutiara Menyambut Ramadhan

“Fajar Ramadhan akan segera hadir ke dunia, selembar sutra akan mampu menghapus noda, sebening embun menjadi penyejuk kalbu, sucikan hati dan bersihkan jiwa di bulan suci. Selamat menunaikan ibadah puasa”

Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah, dimana kita umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa yang hanya setahun sekali. Di bulan Ramadhan juga Allah akan melimpahkan rejeki serta pahala yang besar. Maka dari itu manfaatkanlah bulan yang berkah ini untuk kita mendapatkan pahala yang melimpah.

“Kerinduan hati pada bulan suci Ramadhan akan segera terobati. Ramadhan telah tiba, ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahanMu”

Sebagian besar umat muslim tentu sangat menantikan bulan yang penuh dengan rahmat dan berkah. Dimana pada bulan suci Ramadhan ini kita bukan hanya belajar untuk menahan lapar dan dahaga saja, namun belajar untuk menahan hawa nafsu. Allah SWT juga akan menurunkan pahala yang sangat besar pada malam Laillatul Qadar. Maka kita sebagai umat muslim harus menjalani bulan yang satu ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Jika hati seputih awan jangan biarkan hati itu mendung, dan jika hati seindah bulan maka hiasilah dengan senyuman. Marhaban ya Ramadhan”

Manusi memang diciptakan dengan memiliki hati yang suci, maka dari itu kita harus senantiasa menjaga hati tersebut agar tetap suci hingga akhir hayat nanti. Ramadhan memang sebentar lagi akan tiba, perbanyaklah untuk berbuat baik dan beribadah kepada Allah SWT agar selalu mendapat pahala dan perlindunganNya.

“Matahari Berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan menguji keagungan-Mu. Semua umat muslim menyambut datangnya malam seribu bulan. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan bathin”

Pada bulan puasa Allah telah menyiapkan satu malam spesial yang biasa kita kenal dengan malam Laillatul Qadar atau Malam Seribu Bulan. Malam seribu bulan ini akan tiba pada malam ganjil di akhir bulan Ramadhan. Maka kita sebagai umat muslim jangan pernah lelah untuk selalu berdzikir dan beribadah pada malam ganjil tersebut, agar kita menjadi salah satu dari sekian umat muslim di seluruh dunia yang beruntung mendapat limpahan berkah dan pahala pada malam tersebut.

3. Kata kata Mutiara Islami tentang Kehidupan

Kata kata Mutiara Islam tentang Kehidupan

Kata kata Mutiara Islami tentang Kehidupan

“Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena kita tidak tahu kebaikan yang mana yang akan menuntunmu ke surga” (Imam Hasan Al-Basri)

Perbuatan baik yang sepele terkadang sering kali kita lewatkan. Hal inilah yang mungkin dapat menjadi salah satu kebaikan yang dapat menuntun kita menuju surgaNya. Alangkah baiknya jika kita melakukan kebaikan dalam jenis apapun tanpa memilih.

“Jangan berharap kepada mereka yang tak ingin menjalin persahabatan denganmu” (Ali bin Abi Thalib)

Jika kamu melakukan kebaikan kepada temanmu, akan tetapi temanmu mengacuhkannya begitu saja, bersabarlah jangan pernah memiliki rasa dendam. Biarkan saja jika ia tak mau bersahabat denganmu, masih banyak yang ingin menjadi sahabatmu. Dan ingat janganlah pernah menaruh dendam kepada orang yang sudah menyakitimu.

“Ketika Allah menjadi pusat dari prioritas hidupmu, maka kamu juga akan menjadi prioritas penjagaanNya” (Hamzah Yusuf)

Terkadang kita sering kali hampir terkena musibah, namun selalu selamat dari musibah tersebut. Hal ini mungkin karena kamu selalu berserah diri kepada Allah dalam hal apapun. Janganlah sekali-kali meragukan pertolongan Allah, karena Allah maha mengerti apa yang tidak kamu mengerti.

“Allah memberikanku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan bahwa Aku bukanlah yang terhebat. Melainkan hanya DIA” (Muhammad Ali)

Ungkapan dari mantan petinju dunia yang satu ini, yakni Muhammad Ali memang cukup membuat kita harus berfikir lagi untuk tidak selalu menyombongkan diri untuk hal apapun. Karena tidak ada yang patut untuk kita sombongkan, setiap apa yang kita miliki itu bukanlah seberapa dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh Allah SWT. Karena sifat sombong hanya untuk Allah SWT saja.

4. Kata kata Mutiara Islami tentang Wanita

Kata kata Mutiara Islam tentang Wanita

Kata kata Mutiara Islami tentang Wanita

“Pria menginginkan wanita yang sempurna, sebaliknya juga wanita. Akan tetapi mereka tidak tahu jika Allah menciptakan mereka untuk saling menyempurnakan”

Terkadang pria dan wanita memang cenderung lebih menginginkan apa yang kita inginkan, bukan yang kita butuhkan. Kita tidak akan menemukan pendamping yang sempurna, karena kita manusia tidak ada yang diciptakan dengan sempurna. Daripada menunggu pendamping sempurna, lebih baik kita perbaiki diri terlebih dahulu.

Apa salahnya jika kita menerima seseorang apa adanya, akan tetapi dengan satu syarat yang tidak dapat ditawar, yakni harus mampu menjadi imam yang baik kelak. Dengan saling melengkapi, kalian tentu akan menjadi pasangan yang sempurna.

“Jodoh sudah disiapkan oleh Allah. Yang Perlu dilakukan selanjutnya adalah pererat hubungan anda dengan Allah”

Jodoh memang sudah disiapkan, namun bukan berarti kita bersantai-santai menanti jodoh itu datang. Berserah diri pada Allah adalah hal yang sangat penting, bisa lewat doa dan tentu dengan usaha agar dipertemukan dengan jodoh kita kelak. Jika kita dekat Allah maka kita juga akan didekatkan dengan jodoh kita nantinya.

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah istri yang sholehah” (Nabi Muhammad SAW)

Rosululloh memang selalu menghormati perempuan. Maka dari itu beliau mengajarkan kepada kita untuk selalu membahagiakan perempuan yang kita cintai seperti istri kita nantinya. Dalam hadist lain, beliau juga menyebutkan bahwa istri adalah pendamping/pasangan bukan untuk dijadikan pembantu. Maka dari itu kamu sebagai perempuan tidak perlu rendah diri, setiap hal yang dilakukan untuk keluarga adalah hal yang sangat mulia, asal masih sejalan dengan perintahNya.

“Tidak ada wanita di belakang laki laki yang hebat. Namun wanita itu berada di sampingnya, bukan di belakangnya” (Tariq Ramdan)

Pepatah “dibalik kesuksesan pria, ada wanita hebat di belakangnya”. Kata kata mutiara tersebut telah diralat oleh Tariq Ramdan. Karena setiap wanita tidak berjalan di belakang suami, akan tetapi di samping suami. Peran atau dukungan istri kepada suami sangatlah berpengaruh untuk kesuksesannya, maka dari itu kita sebagai istri jangan pernah lelah untuk menyemangati dan dukunglah dengan sepenuh hati.

5. Kata kata Mutiara Islami tentang Cinta

Kata kata Mutiara Islam tentang Cinta

Kata kata Mutiara Islami tentang Cinta

“Suatu hubungan tidak akan di ridhoi oleh Allah jika di awali dengan hal yang tidak disukai olehNya”

Allah akan senantiasa memberikan ridho dan jalan yang baik pada setiap pasangan yang mengawali hubungannya dengan cara yang baik. Namun jika diawali dengan hal yang buruk niscaya Allah tidak akan memberikan ridhoNya.

“Jika kamu mencari pasangan yang sempurna, niscaya kamu tidak akan pernah menikah untuk selamanya”

Di dunia ini tidak ada manusia yang diciptakan dengan sempurna. Jika kalian menginginkan jodoh yang sempurna, lebih baik urungkan niat untuk mencari jodoh dengan kriteria tersebut. Perbaiki diri dan berserah diri kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk.

“Sebaik-baiknya cinta adalah cinta yang dibangun dengan mencintai karena Allah SWT”

Mencintai seseorang atau pasangan juga tentunya harus dilandasi dengan rasa cinta karena Allah. Karena dengan cara tersebut niscaya Allah akan meridhoi kalian dan melimpahkan rizki dan pahala yang besar.

“Jangan jadikan cintamu kepada mahlukNya melebihi cintamu kepadaNya (Allah SWT)”

Sebagai umat muslim, mencintai Allah adalah hal yang utama. Jangan pernah berlebihan dalam mencintai mahlukNya. Karena bagaimanapun Allah adalah zat yang patut kita cintai, karena dengan mencintai Allah kita pasti akan diberi petunjuk dan juga pertolongan disaat kita terpuruk. Jadi berhentilah untuk mencintai atau berharap lebih kepada manusia.

Nah itulah beberapa kumpulan kata kata mutiara islami terlengkap yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan dapat dijadikan sebagai bahan renungan ketika dalam keadaan terpuruk. Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan, cukup sekian dari kami dan terima kasih.

kata kata mutiara islami

Related Post