Kata-Kata Bijak Islami Untuk Membimbing Kehidupan Yang Lebih Bermakna

44 views

Masalah dalam hidup memang bisa datang tanpa pernah diduga. Beragam permasalahan yang datang bisa menyebabkan seseorang mengalami kegundahan hati yang mendalam yang membuatnya tidak semangat dalam menjalankan hidup. Nah, dengan membaca kata-kata bijak Islami bisa menjadi salah satu solusi untuk dilakukan.

Memang, kata-kata tersebut hanya merupakan rangkaian huruf saja. Namun, jika dilihat dengan seksama, terdapat pelajaran serta kekuatan di dalam kata tersebut yang bisa menenangkan hati. Seringkali kata bijak memberikan inspirasi tak terduga sebagai penyelesaian masalah yang terjadi. Anda tentu bisa mencobanya dengan membaca kumpulan kata-kata tersebut.

Kata-Kata Bijak Islami pembimbing Kehidupan

Nah, ada cukup banyak kata-kata bijak bernuansa Islami yang bisa kalian baca dan resapi. Dengan membaca beberapa kata-kata bijak tersebut, bisa saja hati yang merana dan gundah bisa lebih tenang. Simak beberapa untai kata-kata bijak Islami tersebut di bawah ini. Selamat membaca.

1. Bersabar Dalam Penderitaan

“Penderitaan adalah berkah. Terdapat makna tersembunyi di dalamnya” – Rumi

Secara logika, tidak ada seseorang yang mau menderita dalam menjalani kehidupannya. Penderitaan yang dialami hanya akan membuat hidup terasa tidak bahagia dan susah. Selain itu, seringkali seseorang yang merasakan penderitaan yang mendalam tidak bisa berpikir jernih untuk mencari solusi dan jalan keluar.

Namun, jika dipahami dengan baik, kata Rumi, ada berkah dalam penderitaan tersebut. Ya, kata bijak diatas sebenarnya mengajarkan bagaimana cara pandang yang benar dalam menghadapi penderitaan. Dalam konsep Islam, penderitaan adalah cara Allah meningkatkan derajat hamba-Nya. Oleh karena itu, penderitaan tidak sepantasnya disesali.

2. Sosok Tangguh Sebenarnya

“Seseorang yang kuat bukanlah pegulat. Tetapi, ia yang bisa mengontrol dirinya saat marah” – Hadist Riwayat Bukhari

Dalam Islam diajarkan bahwa sebenarnya musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri atau yang lebih spesifik disebut hawa nafsu. Hawa nafsu memang menjadi musuh terbesar karena hawa nafsu yang tidak terkontrol bisa menyebabkan masalah lain yang lebih besar. Sebagai misal, pertengkaran terjadi karena kedua pihak tidak bisa menjaga hawa nafsu.

Oleh karena itu, dalam Hadist di atas dijelaskan bahwa seseorang yang kuat dalam Islam bukanlah seorang pegulat, namun ia yang bisa mengontrol hawa nafsu. Hadist tersebut merupakan penegasan bahwa ada kewajiban seorang Muslim untuk berusaha meredam emosi dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang kompleks dengan berbagai masalah.

3. Aksi Adalah Penting

“Jangan tertipu oleh seseorang yang hanya pandai menguraikan Al Qur’an. Uraian adalah kata semata. Lihatlah mereka yang berperilaku dengan dasar Al Qur’an” – Umar Ibnu al Khattab

Perkataan di atas merupakan salah satu kata-kata bijak islami penyejut hati yang pernah terucap oleh Khalifah Umar pada zamannya. Dalam hal ini, khalifah Umar menegaskan bahwa aksi lebih penting dari hanya sekedar teori belaka. Oleh karena itu, meskipun pemahaman Al Qur’an adalah hal utama, beramal dengan landasan Al Qur’an adalah lebih utama.

Dengan senantiasa mengamalkan isi Al Qur’an, maka kehidupan manusia tentu akan senantiasa baik dan berpahala. Sementara jika hanya hafal Al Qur’an saja, penghayatan terhadap kitab suci dianggap masih kurang.

4. Pengetahuan Paling Baik

kata bijak islami dari imam syafi'i

“Pengetahuan yang paling baik adalah yang memberikan manfaat. Bukan hanya untuk diingat” – Imam Asy Syafi’i

Pengetahuan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Dalam hal ini, Islam adalah agama yang memberikan perintah –bahkan wajib, bagi pemeluknya untuk mencari ilmu pengetahuan. Namun, di dalam Islam, pengetahuan yang baik adalah pengetahuan yang memberikan manfaat dan mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wata’ala.

Ini merupakan sebuah kata-kata bijak Islami tentang kehidupan, di mana kita dibimbing menuju arah perjalanan hidup manusia melalui ilmu pengetahuan yang baik. Dengan mencari ilmu yang bermanfaat, maka seorang Muslim sebenarnya juga bisa beramal dengan ilmu yang dia miliki. Tentu, pahala akan mengalir jika ia mau beramal dengan ilmu kepada orang lain.

5. Larangan Bergantung

“Jangan terlalu bergantung pada siapa pun di dunia ini. Karena, bayanganmu saja akan meninggalkanmu saat gelap mendera” – Ibnu Taimiyyah

Larangan bergantung pada orang lain di atas adalah salah satu kata-kata keren yang pernah diucapkan oleh Ibnu Taimiyyah. Dalam hal ini, Islam mengajarkan bahwa manusia pada esensi nya lahir di dunia ini seorang diri dan akan kembali menghadap Ilahi seorang diri pula. Oleh karena itu, manusia sebaiknya harus hidup mandiri.

Ketergantungan kepada orang lain hanya akan membuat hidup menjadi tidak bebas untuk bergerak dan berekspresi. Selain itu, ketergantungan pada orang lain juga akan merugikan karena kita akan sulit untuk berkembang. Nah, kata-kata bijak ini bisa menjadi pedoman terkait pentingnya menjadi mandiri sejak dini.

6. Berbuat Baik

“Lakukan perbuatan baik sekecil apapun, karena kau tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan membawamu menuju ke surga” – Imam Hasan Al Basri

Salah satu kata-kata bijak Islami tentang persahabatan adalah senantiasa berbuat baik kepada sahabat. Hubungan persahabatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam ajaran Islam. Islam memandang bahwa persahabatan merupakan kunci untuk mendapatkan ketenangan dalam kehidupan.

Nah, untuk menjaga persahabatan, maka Anda harus membiasakan diri berbuat baik. Dengan berbuat baik, selain persahabatan akan terjaga, ada peluang untuk bisa masuk surga dengan perbuatan tersebut. Pada dasarnya berbuat baik harus di jadikan prinsip bagi semua orang dalam menjalani kehidupan, agar memberi manfaat kepada sesama manusia.

7. Mengingat Allah

kumpulan kata-kata bijak islami

“Jika Allah menjadi prioritas dalam hidup, maka Ia akan senantiasa menjaga dirimu” – Hamzah Yusuf

Islam adalah agama yang mengajarkan tentang penghambaan. Mereka yang memeluk agama Islam wajib menempatkan Allah Subhanahu Wata’ala di posisi tertinggi dalam kehidupannya. Secara prinsip, ada semacam perintah bagi umat Muslim untuk senantiasa mengingat Allah dalam laku yang ia jalankan.

Hanya saja, terkadang manusia lupa untuk mengingat Allah. Pekerjaan yang cukup padat atau keinginan lain yang ingin Ia dapatkan membuatnya jauh dari mengingat Allah. Oleh karena itu, quote dari Hamzah Yusuf di atas bisa menjadi pengingat terkait bagaimana sebenarnya hidup harus berlangsung.

8. Tipuan Hati

“Jangan membuat keputusan saat marah. Dan jangan pernah berjanji saat kau bahagia” – Ali bin Abi Thalib

Salah satu hal yang paling menipu adalah hati. Hati memang bisa terbolak-balik dengan sangat cepat dan tanpa diduga. Selain itu, hati terkadang bisa membuat pikiran menjadi tidak jernih untuk memutuskan sesuatu. Oleh karena itu, Ali bin Abi Thalib memberikan larangan membuat keputusan saat marah dan berjanji saat bahagia.

Hal ini sebenarnya cukup beralasan karena pada posisi marah dan senang lah hati seolah kehilangan nalar untuk membantu otak memutuskan sesuatu. Oleh karena itu, kata-kata Ali bin Abi Thalib diatas bisa dijadikan pengingat tentang kapan Anda harus bersikap dan mewaspadai gejolak dalam hati, entah senang ataupun susah.

9. Perintah Sabar

“Orang yang ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan, maka ia harus bersabar dengan sesuatu yang ia benci” – Imam Ghazali

Sabar adalah salah satu akhlak dalam Islam. Kesabaran menjadi sesuatu yang sangat dipuji oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan Allah sendiri memerintahkan hamba Nya untuk senantiasa bersabar.

Ada banyak contoh mengenai salah satu kata bijak ala Islam di atas. Misalnya saja ketika kamu ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, maka kamu harus belajar dengan giat dan penuh ketekunan. Belajar merupakan proses panjang yang susah dan bisa saja tidak disukai. Namun, dibalik belajar yang menyusahkan, ada harapan kesuksesan yang menanti.

10. Hentikan Berandai

kata-kata bijak aa gym

“Hati menjadi resah dan gelisah jika terlalu banyak berandai dalam hidup” – Aa Gym

Kata-kata bijak Islami singkat ini pernah diucapkan oleh Ustadz kondang asal Bandung, Aa Gym, yang memiliki makna cukup dalam. Secara tegas kutipan di atas menjelaskan bahwa sumber perasaan yang gelisah adalah keinginan abstrak melalui pengandaian yang terjadi. Pengandaian mungkin bisa dikatakan sebuah impian di masa depan yang ingin dicapai.

Dalam batasan tertentu, impian tersebut tentu saja diperbolehkan. Hanya saja, jika pengandaian yang dilakukan terlalu mengada-ada dan hanya berorientasi pada rasa iri kepada orang lain, hal inilah yang menjadi sumber penyakit hati. So, jangan terlalu banyak berandai-andai agar hidup menjadi lebih tenang dan bahagia.

11. Kata-kata Bijak Islami Yang Bersumber Dari Al-Qur’an

“Barang siapa yang hijrah di atas jalan Allah, maka ia akan mendapati bumi sebagai tempat yang luas dan banyak rezeki” – QS. An Nisa ayat 100

Ayat di atas menjelaskan perintah untuk berhijrah bagi kaum Muslim. Secara arti, hijrah artinya berpindah atau melakukan perubahan. Nah, lantas pindah seperti apa yang dimaksudkan dalam ayat tersebut? Tentu, dalam hal ini, pindah yang dimaksud adalah pindah dari hidup yang buruk ke arah yang lebih baik.

Hijrah kini menjadi hal yang seolah biasa di kalangan masyarakat. Bisa dikatakan bahwa hijrah sudah menjadi gaya hidup dengan banyaknya artis yang hijrah. Namun, ayat di atas juga menekankan bahwa hijrah tidak cukup hanya penampilan saja, melainkan juga pola pikir dan sikap yang terus mendekatkan diri ke jalan yang di Ridhoi Allah.

12. Menjemput Hidayah

“Tuhan menuliskan rahasia spiritual di dalam hati. Karena mereka menunggu untuk ditemukan” – Rumi

Rumi adalah seorang ulama sufi yang sangat disegani. Ia sering mengatakan beragam kata bijak untuk membimbing perjalanan hidup umat Islam. Dalam salah satu untaian katanya, Rumi mengatakan bahwa hidayah akan tiba jika dijemput.

Secara tersirat, salah satu maknanya merupakan sebuah perintah bagi kaum Muslim untuk terus berusaha beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah manusia merasa cukup dengan keimanan yang mereka miliki. Padahal, iman bisa berkurang kapan saja.

13. Merasakan Hidup

“Aku mempelajari bahwa setiap makhluk akan merasakan mati. Namun, hanya beberapa dari mereka yang merasakan hidup” – Rumi

Memang, kematian adalah hal yang tidak bisa dihindari bagi makhluk yang hidup. Kehidupan pasti akan berakhir dengan kematian dan meskipun kematian ditolak dengan apapun, ia pasti akan datang.

Hal yang berkebalikan adalah hanya sedikit dari makhluk yang menikmati hidup. Kenapa mereka tidak bisa menikmati hidup? Hal yang menjadi sebab adalah mereka terlalu cemas memikirkan bagaimana kehidupan masa depan mereka. Kecemasan inilah yang membuat hidup berjalan sangat membosankan dan seringkali tampak menakutkan.

14. Berkah Allah

“Jika engkau berharap berkah dari Allah, maka senantiasa berbuat baiklah pada umat Nya” – Abu Bakar

Selain berdoa, salah satu cara yang tepat untuk menjemput berkah dari Allah adalah dengan berusaha atau ikhtiar. Ikhtiar harus dilakukan sebagai salah satu usaha dan kepantasan kita mendapatkan berkah dari Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah di mana Allah tidak akan mengubah suatu kaum jika ia tidak mengubahnya sendiri.

Nah, kata-kata bijak Islami di atas adalah anjuran untuk senantiasa berbuat baik kepada umat Allah. Berbuat baik adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk dilakukan. Dengan senantiasa melakukan hal baik, maka Allah akan memberikan limpahan berkah yang akan membuat hidup menjadi lebih tenang untuk dijalani.

15. Melupakan Masa Lalu

kata bijak umar bin khattab

“Terkadang, orang dengan masa lalu buruk bisa menciptakan masa depan yang cerah” – Umar Ibnu Al Khattab

Masa lalu sering menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu dalam hidup. Seseorang bisa saja terbelenggu dengan masa lalu sehingga ia sulit untuk memperbaiki diri. Orientasi hidupnya tidak jauh dari kata penyesalan dan pengandaian jika masa lalu tersebut bisa terulang kembali. Tentu, hal ini adalah salah.

Melupakan masa lalu yang buruk merupakan akhlak dalam Islam. Sebagai contoh, Umar Ibnu Al Khattab adalah penentang Nabi sebelum beliau memeluk Islam. Namun, karena beliau melupakan masa lalu, Umar Ibnu Al Khattab berhasil mendapatkan masa depan yang sangat cerah dan dijamin surga oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

16. Percayakan Kepada Allah

“Jika Allah berkehendak, maka terjadilah” – Khalid bin Walid

Mempercayakan segalanya hanya kepada Allah Subhanahu wata’ala adalah salah konsep keimanan dalam Islam. Tidak ada Dzat yang memiliki kekuatan menciptakan sesuatu dengan mudah kecuali Allah semata. Memang, terkadang hal tersebut tidak sesuai dengan logika karena logika tidak cukup untuk memahami Allah.

Kata kata bijak islami di atas sebenarnya merupakan bentuk seruan untuk menjaga semangat. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, Anda mungkin dihadapkan pada situasi sulit dengan peluang sukses sangat kecil. Namun, dengan keyakinan bahwa jika Allah berkehendak maka akan terjadi, rasa optimis tersebut akan senantiasa membara.

17. Senda Gurau dan Main-main

“Sesungguhnya kehidupan di dunia adalah hanya senda gurau dan main-main semata. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan. Jika saja mereka mengetahui” – QS. Al Ankabut ayat 64

Ayat di atas menunjukkan bagaimana seharusnya umat Islam fokus dan menempatkan prioritas dalam menjalankan kehidupan mereka. Secara jelas digambarkan bahwa dunia hanya tempat bermain dan bersenda gurau saja. Apa yang ada di dunia ini adalah hal fana yang tidak akan abadi.

Sementara itu, apa yang akan terjadi di akhirat adalah hal yang pasti. Akhirat adalah sebenar-benarnya kehidupan di mana manusia akan kekal abadi di dalamnya. Ini adalah konsep keimanan dari umat Muslim. Dengan demikian, sudah sepantasnya jika Muslim lebih fokus untuk mengejar akhirat daripada hanya mengejar kebutuhan dunia saja.

—–

Nah, demikian beberapa kata-kata bijak Islami yang bisa dibaca dan diresapi maknanya. Beberapa kata bijak di atas bisa dijadikan pedoman hidup untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih terasa tenang. Selain itu bisa juga di jadikan caption bijak untuk foto motivasi di akun Instagram kamu lho.

caption bijak caption motivasi bijak kata bijak kata-kata bijak islami

Related Post