Kata bijak untuk anak agar selalu dekat dengan orang tua

5 views

Anak adalah titipan Tuhan yang tidak bisa di hindari oleh setiap orang tua yang telah memilih untuk melahirkannya. Karena itu, orang tua yang baik bisa memberikan kata bijak untuk anak saat mendidik atau mendisiplinkan mereka agar bisa menjadi anak yang lebih baik lagi. Contohnya dengan memberikan semangat atau pujian namun tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan itu akan membuat anak menjadi orang yang lebih sombong dan melupakan sifat rendah hatinya.

Maka dari itu, artikel ini akan memberikan bantuan kepada orang tua maupun anak mereka. Karena itu memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk di lakukan, namun orang tua harus bekerja lebih keras dalam mendidik mereka. Para orang tua harus sadar bahwa ini adalah tugas berat yang tuhan berikan dan harus diperjuangkan dengan baik dan benar. Selain itu, anak-anak adalah makhluk yang sulit untuk didekati dan sulit untuk bisa di bantu apalagi dizaman yang serba mudah ini dan canggih.

Keberadaan Orang Tua Hanya Sebatas “Orang Tua”

Karena perkembangan dan usia mereka yang bisa di bilang masih sangat labil dan sulit untuk di bentuk tapi bukan berati tidak bisa, karena caranya hanya perlu mengenal karakter dan perasaanya. Kata-kata yang tepat adalah cara yang paling mudah yang bisa orang tua lakukan. Mereka juga bisa berusaha untuk menjadi sahabat yang siap ada untuk mereka, ini bisa membantu emosi dan tingkah laku dia jadi lebih baik terhadap sesama. Itulah yang harus orang tua lakukan.

Anak zaman sekarang yang hidup serba modern mudah sekali terpengaruh dengan lingkungan dan pergaulan di media sosial. Mereka justru lebih taat pada lingkungan yang mampu memberikan hal-hal seru. Hal ini membuat anak jadi jarang berbincang dengan orang tua. Anak akan dengan mudah bergaul dengan teman-temannya di social media ketimbang bergaul dengan lingkungan sekitar. Tentunya peran orang tua sangat berarti dalam mendekatkan anak dengan lingkungan sekitar untuk menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan. Hal ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan dan pergaulan mereka.

Jaman sekarang, keberadaan orang tua hanyalah sebatas “Orang Tua” bagi anak muda. Kita tidak bisa menyalahkan 100% kepada anak, karena mungkin sifat orang tua yang kaku tak mampu membuat anak nyaman ketika berada dekat dengan orang tua. Sifat kaku orang tua juga berdampak negative terhadap anak-anak. Dan terkadang anak akan merasa tua jika sedang dekat dengan orang tua yang kaku dan tidak gaul.

Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonnya

Ungkapan kata “Buah Jatuh Tak Jauh Dari Pohonnya” merupakan peribahasa yang berarti bahwa sifat anak biasanya tidak akan jauh dari ayah dan ibunya. Sifat baik orang tua secara tidak langsung biasanya akan ditiru oleh anak-anaknya. Begitu juga sebaliknya, sifat buruk orang tua akan ditiru mentah-mentah oleh anak-anak. Kita semua tau bahwa anak adalah peniru terbaik yang pernah ada di dunia.

Inilah yang akan menentukan kehidupanmu dan anakmu di masa depan. Berikan tindakan dan Pendidikan mental yang baik agar dikemudian hari, anak dapat berguna bagi masyarakat sekitar. Dan sebagai anak juga harus mampu berbuat baik kepada orang tua dengan menghormati apa yang telah orang tua kerahkan untuk pendidikanmu. Dengan begitu, anak terhindar dari kata panggilan “Anak Yang Durhaka”.

Menaati orang tua akan membuat hidup anak muda menjadi lebih baik dan bermakna. Perlu kalian ingat bahwa orang tua jelas memiliki lebih banyak pengalaman. Mereka juga pernah menikmati indahnya masa muda dan merasakan masa tersulit dalam hidup. Sehingga sangat wajar kalau anak-anak jaman sekarang harus mencontoh orang tuanya yang telah berjuang demi mewujudkan cita-citamu.

Sebagai orang tua, ingat dan camkan kata-kata yang tertlis dalam artikel ini. Yakinlah anak-anak anda bisa menjadi anak yang berharga di mata orang tua. Sadarlah bahwa peran anda dalam mendidik anak merupakan investasi yang tak ternilai harganya di masa depan. Memiliki anak-anak yang dapat diandalkan dalam keluarga dan masyarakat, merupakan sebuah kebanggaan bagi orang tua.

Ungkapan atau kata bijak untuk anak agar bisa memiliki dan terus ingat dengan orang tua mereka

Menjadi orang tua memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk di lakukan, namun orang tua bisa melakukan itu dan pasti bisa berhasil melakukannya,intinya orang tua “Jangan pernah Menyerah” meskipun menghadapi banyak tantangan dan masalah. Karena itu, mereka bisa di bantu dengan memberitahukan kata bijak untuk anak berikut yang bisa membantu anak-anak mereka:

  • “Orang tua terkadang tak memiliki pengetahuan lebih, mereka hanya memikirkan bagaimana anak-anak bisa lebih baik dari mereka.”
  • “Jadikanlah masa depanmu sebagai kebahagiaan orang tuamu. Cobalah.”
  • “Ayah tidak menimangmu setiap waktu, tapi tangan kokohnya selalu mampu mengangkatmu tinggi-tinggi agar kau bisa melihat dunia, dari sudut pandang yang lebih luas.”
  • “Hidup bukan sekadar mengejar impian dan cita-cita bukti anak kepada orang tua adalah kewajiban.”
  • “Jangan takut jika usiamu semakin tua, tapi takutlah jika masa mudamu tak berguna.”
  • “Peganglah tangan ibumu dengan kasih sayang, sebelum tiba masa kamu hanya mampu memegang batu nisannya.”
  • “Ada yang senantiasa berdoa untukmu, sampai lupa berdoa untuk dirinya sendiri, dialah ayah dan ibumu.”
  • “Seribu kata belum tentu mampu menciptakan kebahagiaan. Satu senyuman mampu memberi ribuan kebahagian.”
  • “ Seorang Ayah kadang harus merelakan kebahagiaannya hanya untuk melihat tawa sang anak.”
  • “Tangan ibu rela terbakar atau terluka hanya karna ingin melihat

anak memakan masakannya dengan lahap sambil berkata ‘ Masakan mama lebih nikmat ketimbang restoran.”

  • “Jika pelangi datang disaat mendung melanda, dia datang dengan hanya senyuman dan pelukan hangatnya.”
  • “Orang tua bisa bilang sudah kenyang, hanya karna mau melihat anak mereka tertidur dengan pulas, walaupun perut mereka belum terisi.”
  • “Baju lamanya telah usang , tapi baju baru untuk anak adalah segalanya untuk orang tua”
  • “Siapa yang paling sering ucap ‘ Maaf ‘ mereka mau kalian belajar dari kata sederhana itu”

Itu tadi beberapa ungkapan bijaksana untuk seorang anak yang mungkin bisa membantu dia untuk memikirkan masa depannya agar bisa menjadi lebih baik lagi. Kata-kata yang di berikan di waktu yang tepat juga bisa sangat bermanfaat jika orang tua mau memberikan pemahaman dan sikap yang baik. Kata-kata itu  juga hendaknya tidak menunjukan kalau orang tua sudah berikan pujian,  tapi itu harus diungkapkan dari hati yang paling dalam agar anak bisa melihat ketulusan kata tersebut. Dengan demikian pasti anak akan tersentuh pada pujian itu. Mendidik anak diumur yang belum terlampau tua ini bisa mempermudah perkembangan sang anak dan juga mengurangi resiko pergaulan bebas pada anak.

Related Post